Demo Site

Senin, 04 Juni 2012

Tulisan 6 - Bahasa Indonesia 2 (Dampak Jejaring Sosial)


Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan social sebagai simpul dan ikatan. . (http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial). Bebrapa jejaring social yang dimanfaatkan masyarakat diseluruh penjuru Negara, diantaranya: yahoo, facebook, twitter, dsb. Keberadaan situs-situs jejaring sosial menimbulkan pengaruh yang berbeda-beda terhadap penggunanya. Tergantung bagaimana pengguna memanfaatkan jejaring social tersebut. Maka apa yang dilakukan pengguna akan berdampak positif maupun negative. Berikut adalah beberapa dampak positif dan negative penggunaan jejaring social, diantaranya:

Dampak Positif :
 - Sebagai media informasi Informasi-informasi yang ter up to date akan berkembang sangat cepat tanpa harus menunggu waktu berhari-hari maupun berminggu-minggu.
- Dapat memperluas sosialisasi(pertemanan) Dengan menggunakan beberapa jejaring social yang sudah kita kenal, kita dapat memanfaatkan untuk menambah teman baru.
- Mempermudah hubungan silaturahmi jarak jauh Kerabat yang bertempat tinggal jauh dari kita, dengan jejaring social hubungan komunikasi menjadi lebih mudah
- Dapat mengembangkan ketrampilan Dengan info-info ketrampilan yang telah ada di dunia maya, maka dengan mudah kita mendapat inspirasi. Misalnya resep masakan, hand made, dsb
- Dapat menghasilkan uang Dengan kita dapat mengembangkan kemampuan yang kita miliki, maka kita dapat menghasilkan uang dari jejaring social tersebut.

Dampak Negatif :
 - Kejahatan dunia maya (cyber crime) Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
- Melemahkan dan menurunkan sensitifitas Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
http://didno76.blogspot.com/2011/10/dampak-positif-dan-negatif-jejaring.html
http://media.kompasiana.com/new-media/2011/08/07/dampak-positif-dan-negatif-jejaring-sosial/

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Label

Label