Demo Site

Selasa, 13 Maret 2012

Tulisan 2 - Bahasa Indonesia 2 (Softskill)


Softskill adalah kemampuan yang terdapat pada diri setiap manusia yang dapat berkembang seiring pengetahuan tentang yang ada dalam diri setiap orang tersebut, tentang bagaimana ia menjalani hidupnya dan mengantisipasi setiap masalah yang dihadapinya saat itu.

Softskill merupakan suatu kemampuan yang tidak terlihat. Kemampuan interpersonal diri pribadi seseorang diluar kemampuan akademiknya (kecerdasan emosi, semangat, ambisi, empati, dll). Interpersonal skill ini meliputi : manajemen waktu, punya goal setting dan tujuan hidup yang jelas, kemampuan komunikasi, kemampuan sosialisasi (berhubungan dengan orang lain), kepemimpinan, kemampuan berbicara di depan publik/khalayak ramai, dll.

Kemampuan softskill merupakan karakter yang melekat pada diri seseorang dan sudah dibangun sejak kecil (didikan lingkungan dan keluarga). Namun bukan berarti kemampuan tersebut tidak dapat diubah, kemampuan softskill dapat diubah hanya saja butuh butuh usaha keras untuk mengubahnya.

beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan softskill kita antara lain adalah :

Learning by doing.
Soft skill bisa diasah dan ditingkatkan seiring dengan pengalaman dalam dunia kerja/berorganisasi.

Berinteraksi dan melakukan aktivitas dengan orang lain.
Seiring dengan kita banyak berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, maka kita akan terbiasa untuk berkomunikasi dengan banyak orang, ini dapat menambah kemampuan softskill kita diantaranya adalah dalam kemampuan komunikasi, kemampuan sosialisasi (berhubungan dengan orang lain), kepemimpinan, kemampuan berbicara di depan publik/khalayak ramai dll

dan aktifitas-aktifitas lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Label

Label